10 Tips Mencari Pekerjaan di Era Digital Saat Ini

Di era digital, perubahan bisa terjadi begitu cepatnya sehingga menimbulkan persaingan yang sangat kompetitif baik itu antar perusahaan maupun individu. 

Dalam mencari pekerjaan, individu di era digital dituntut untuk bisa memahami bagaimana persaingan dengan pencari pekerjaan yang lain sehingga nantinya bisa menjadi lebih unggul dan terpilih sebagai kandidat mengisi lowongan pekerjaan.

Untuk meningkatkan kualitas diri, berikut adalah 10 tips dalam usaha mencari pekerjaan di era digital.

1. Bangun profil digital yang kuat

Tidak sedikit perekrut pekerja yang mengecek profil digital kandidat sehingga kita perlu membangun profil yang "menjual." Misalnya dengan membuat profil LinkedIn yang lengkap, serta menampilkan portofolio digital yang menunjukkan keterampilan, pengalaman, dan prestasi kita.

2. Memanfaatkan media sosial untuk interaksi profesional

Gunakan platform-platform media sosial untuk berinteraksi secara profesional dengan pelaku-pelaku di industri yang kita minati agar bisa membangun jaringan relasi profesional.

3. Melatih prakiraan pekerjaan digital

Era digital membuka banyak kesempatan baru bagi yang bisa membaca peluang usaha di dalamnya. Cerdaslah dalam mengidentifikasi peluang-peluang yang berkembang pesat atau yang berpotensi mengalami pertumbuhan lalu carilah peluang karir di dalamnya.

4. Mempelajari keterampilan digital yang dibutuhkan

Banyak perusahaan konvensional yang sudah melengkapi alur produksinya dengan teknologi digital sehingga sangat penting di era digital saat ini untuk menguasai keterampilan digital yang dibutuhkan di industri yang kita minati.

5. Memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan produktivitas

Berbekal ponsel pintar yang kita miliki, belajarlah untuk meningkatkan produktivitas menggunakan aplikasi-aplikasi yang tersedia saat ini. Manfaatkan juga aplikasi-aplikasi produktvitas tersebut untuk membuat proses mencari pekerjaan lebih efisien. 

6. Perbarui dan sesuaikan Resume/ CV saat lamaran

Jangan hanya mengandalkan satu resume untuk berbagai lowongan pekerjaan karena CV yang menarik adalah yang isinya sesuai dengan posisi yang dilamar. Tonjolkan keterampilan dan pengalaman anda yang relevan dengan pekerjaan yang diinginkan.

7. Mempersiapkan diri untuk wawancara melalui video

Di era digital sekarang ini banyak pencari pekerja yang mewawancari calon kandidat dengan cara video call atau dengan meminta video perkenalan. 

Pelajari bagaimana teknis dalam melakukan proses tersebut sehingga tidak menemui hambatan akibat kurangnya wawasan kita dalam mempersiapkan alat dan langkah-langkahnya. 

8. Mengikuti pelatihan dan kursus online

Dalam waktu menunggu panggilan atau mencari lowongan yang tersedia, kita bisa mengikuti kursus atau pembelajaran secara online untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan industri yang kita minati. Kita juga bisa belajar tentang teknologi-teknologi digital yang perlu dikuasai saat ini.

9. Pantau terus platform dan situs lowongan pekerjaan

Ikuti terus situs-situs lowongan kerja secara teratur agar kita bisa mengetahui peluang-peluang pekerjaan terbaru, misalnya web lowongan pekerjaan yang sedang anda baca saat ini.

10. Menjadi proaktif dan bertahan dalam proses mencari kerja

Jagalah selalu semangat dan ketekunan dalam proses mencari kerja, tetap terus tingkatkan keterampilan dan juga jaringan profesional. Jangan hanya diam menunggu, namun bergeraklah menjemput peluang-peluang yang ada. 

Posting Komentar untuk "10 Tips Mencari Pekerjaan di Era Digital Saat Ini"